Rabu, 26 November 2008

Si Oncom dan komputer

ONCOM DAN KOMPUTER
Suatu karangan bebas sekedar ekspresi dan kreasi diri
creatived by Iwan W

Oncom adalah sejenis makanan yang berbahan dasar kedele, yang kemudian diolah dicampur dengan bumbu-bumbu sehingga terbentuk oncom. Cara masak oncom sendiri bisa dengan berbagai macam variasi diantaranya ada yang disebut dengan Combro atau singkatan oncom dijero artinya oncom didalam, suatu olahan oncom khas sunda dimana oncomnya dimasukan kedalam campuran tepung terigu lalu digoreng. Rasanya renyah dan sedikit pedas mungkin sebelumnya telah dicampur cabai atau bahan-bahan yang membuat combro jadi sedikit pedas.
Oncom sendiri sebenarnya bisa dipromosikan menjadi suatu kekhasan wisata kuliner bagi masyarakt Indonesia yang sangat terkenal dengan keanekaragaman khasanah masakan dan makanannya. Jika oncom dikemas dengan menarik berbasis teknologi dan informasi bukan tidak mungkin oncom akan menjadi produk unggulan yang bisa diekspor ke manca Negara sehingga menjadi sumber devisa Negara dan bahkan jika oncom diproduksi secara massal akan menjadi sumber lahan pekerjaan baru sehingga akan menyedot tenaga kerja yang banyak pula dan ini berarti akan mengurangi angka pengangguran.

Proses pengemasan dan promosi oncom menjadi produk andalan dan berkualitas ekspor tentu tidak cukup hanya sekedar mengandalkan dari cara pengolahan tradisional saja. Penggunaan teknologi yang berbasis komputerisasi tentu akan menambah dan mempercepat akselarasi produksi dan promosi produk oncom sehingga akan lebih cepat pula dikenal luas dengan berbagai segmen konsumennya.

Penggunaan teknologi computer tentu juga akan mempermudah diversifikasi masakan dengan berbahan dasar oncom. Kemasan yang menarik dan bombastis pun akan lebih gampang jika dilakukan dengan computer. Dengan computer yang sudah terkoneksi internet maka daya jangkau promosi akan lebih luas lagi sehingga bisa menembus pasar dunia. Intinya penggunaan teknologi computer dengan segala macam kelebihan dan efektifitas yang bisa diraih melalui computer mulai dari penentuan komposisi bahan dasar oncom, cara pengolahan hingga kapasitas produksi yang menghasilkan produk oncom yang lebih berkualitas dan lebih banyak. Bahkan daya jangkau promosi dan penjualan serta cara membuat kemasan yang lebih membuat konsumen makin tertarik bisa dilakukan dengan computer. Pada akhirnya oncom yang semula dikenal makanan tradisional didaerah tertentu akan menjelma menjadi suatu produk unggulan berkualitas dan tentunya menghasil financial yang tidak sedikit berkat penggunaan dari sebuah mesin bernama computer.

Cari di sini

Google

Wisdoms come through